1. Target Pasar Permintaan pasar lobster air tawar di dalam negeri bisa dikatakan cukup tinggi. Hal ini disebabkan belum banyak yang mengetahui keberadaan lobster air tawar. Lobster air tawar sangat disukai oleh masyarakat baik didalam maupun luar negeri. Konsumsi terakhir Lobster ini adalah - Sebagai udang konsumsi : Rumah makan, restoran, Hotel dll - Sebagai udang hias : pasar ikan, pedagang ikan hias, hobiis dll
2. Strategi Pemasaran Penjualan dilakukan dengan promosi tertulis dan visual. Promosi ini difokuskan pada target pasar yang ada. Setelah suatu target pasar tercapai maka dilanjutkan dengan target pasar berikutnya. Strategi penjualan ini diupayakan menghasilkan kerjasama yang besar dan jangka panjang dengan perusahaan penampung lobster kelas besar. Berdasarkan konsep ini, diharapkan berapapun produksi lobster yang dihasilkan sudah ada kejelasan pihak yang akan membeli lobster tersebut.
3. Konsep Pemasaran a. Produk berkualitas b. Harga bersaing c. Tempat yang mudah dijangkau d. Publikasi dan pemasaran yang bertahap e. Pelayanan yang bersahabat dan profesional f. Informasi yang jelas kepada konsumen
BAB III ASPEK TEKNIS
1 Bahan yang digunakan ( input ) Meliputi bahan baku alami yaitu benih lobter air tawar yang masih kecil ukuran 7,5 – 8,5 cm, bahan baku olahan seperti pakan lobster dan bahan penunjang lainnya sperti obat – obatan dll 2. Produk yang dihasilkan ( out put ) : lobster Cherax quadricarinatus 3. Rencana Produksi Kapasitas produksi sebesar 600 kg dalam 1( satu ) tahun 4. Lokasi Di desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan 5. Peralatan dan mesin Peralatan meliputi : bak kolam, paralon, terpal dll Mesin meliputi : pompa, aerator 6. Jadwal Pembangunan Realisasi pembangunan fisik diperkirakan selama 3 bulan terhitung mulai Agustus – Oktober 2009.
BAB IV ASPEK SOSIAL
Aspek sosial yang diharapkan dari perealisasian Proposal Studi Kelayakan Bisnis Pendirian Usaha Budidaya LAT ( Lobster Air Tawar ) ini adalah sebagai berikut: 1. Bagi Pemilik - Ada tambahan dana segar untuk segera merealisasikan rencana usaha budidaya lobster air tawar ini. - Tercapainya cita-cita untuk mendirikan sebuah usaha yang mandiri dan tangguh ditengah – tengah keadaan perekonomian seperti ini - Menambah pendapatan per kapita yang nantinya juga akan menambah pendapatan nasional
2. Bagi Masyarakat - Menambah variasi pola konsumsi masyarakat konsumen. - Menjadi motivasi untuk mendirikan usaha yang sejenis, dimana nantinya diharapkan semakin banyak bermunculan wirausahawan tangguh dan ulet. - Menjadikan usaha Budidaya LAT ini komoditi unggulan daerah. - Perekrutan karyawan baru yang nantinya diharapkan akan membantu mengurangi jumlah angka pengangguran 3. Bagi Pemerintah - Mencoba menciptakan para wirausahawan baru yang handal, sehingga nantinya akan tercipta lapangan pekerjaan baru secara otomatis. - Mengurangi jumlah angka pengangguran di Indonesia yang setiap tahun akan selalu bertambah.
BAB V ASPEK KELAYAKAN USAHA
1. Asumsi Usaha Beberapa asumsi yang digunakan dalam menghitung biaya dan pendapatan dalam usaha pembesaran lobster air tawar Lama budidaya sekitar 1 (satu) tahun dengan panen 2 (dua) kali Harga beli benih lobster rp. 2.500,- Tingkat kematian 20% ( SR= 80% ) Harga jual lobster konsumsi Rp. 100.000,-/kg Biaya investasi dengan bunga 20% per tahun Ukuran kolam dari terpal 3 x 3 x 0,5 m sebanyak 6 buah Benih yang dibutuhkan 300 ekor/kolam
hidup perikanan UNIROW
BalasHapus1. Target Pasar
BalasHapusPermintaan pasar lobster air tawar di dalam negeri bisa dikatakan cukup tinggi. Hal ini disebabkan belum banyak yang mengetahui keberadaan lobster air tawar. Lobster air tawar sangat disukai oleh masyarakat baik didalam maupun luar negeri.
Konsumsi terakhir Lobster ini adalah
- Sebagai udang konsumsi : Rumah makan, restoran, Hotel dll
- Sebagai udang hias : pasar ikan, pedagang ikan hias, hobiis dll
2. Strategi Pemasaran
Penjualan dilakukan dengan promosi tertulis dan visual. Promosi ini difokuskan pada target pasar yang ada. Setelah suatu target pasar tercapai maka dilanjutkan dengan target pasar berikutnya. Strategi penjualan ini diupayakan menghasilkan kerjasama yang besar dan jangka panjang dengan perusahaan penampung lobster kelas besar. Berdasarkan konsep ini, diharapkan berapapun produksi lobster yang dihasilkan sudah ada kejelasan pihak yang akan membeli lobster tersebut.
3. Konsep Pemasaran
a. Produk berkualitas
b. Harga bersaing
c. Tempat yang mudah dijangkau
d. Publikasi dan pemasaran yang bertahap
e. Pelayanan yang bersahabat dan profesional
f. Informasi yang jelas kepada konsumen
BAB III
ASPEK TEKNIS
1 Bahan yang digunakan ( input )
Meliputi bahan baku alami yaitu benih lobter air tawar yang masih kecil ukuran 7,5 – 8,5 cm, bahan baku olahan seperti pakan lobster dan bahan penunjang lainnya sperti obat – obatan dll
2. Produk yang dihasilkan ( out put ) : lobster Cherax quadricarinatus
3. Rencana Produksi
Kapasitas produksi sebesar 600 kg dalam 1( satu ) tahun
4. Lokasi
Di desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan
5. Peralatan dan mesin
Peralatan meliputi : bak kolam, paralon, terpal dll
Mesin meliputi : pompa, aerator
6. Jadwal Pembangunan
Realisasi pembangunan fisik diperkirakan selama 3 bulan terhitung mulai Agustus – Oktober 2009.
BAB IV
ASPEK SOSIAL
Aspek sosial yang diharapkan dari perealisasian Proposal Studi Kelayakan Bisnis Pendirian Usaha Budidaya LAT ( Lobster Air Tawar ) ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi Pemilik
- Ada tambahan dana segar untuk segera merealisasikan rencana usaha budidaya lobster air tawar ini.
- Tercapainya cita-cita untuk mendirikan sebuah usaha yang mandiri dan tangguh ditengah – tengah keadaan perekonomian seperti ini
- Menambah pendapatan per kapita yang nantinya juga akan menambah pendapatan nasional
2. Bagi Masyarakat
- Menambah variasi pola konsumsi masyarakat konsumen.
- Menjadi motivasi untuk mendirikan usaha yang sejenis, dimana nantinya diharapkan semakin banyak bermunculan wirausahawan tangguh dan ulet.
- Menjadikan usaha Budidaya LAT ini komoditi unggulan daerah.
- Perekrutan karyawan baru yang nantinya diharapkan akan membantu mengurangi jumlah angka pengangguran
3. Bagi Pemerintah
- Mencoba menciptakan para wirausahawan baru yang handal, sehingga nantinya akan tercipta lapangan pekerjaan baru secara otomatis.
- Mengurangi jumlah angka pengangguran di Indonesia yang setiap tahun akan selalu bertambah.
BAB V
ASPEK KELAYAKAN USAHA
1. Asumsi Usaha
Beberapa asumsi yang digunakan dalam menghitung biaya dan pendapatan dalam usaha pembesaran lobster air tawar
Lama budidaya sekitar 1 (satu) tahun dengan panen 2 (dua) kali
Harga beli benih lobster rp. 2.500,-
Tingkat kematian 20% ( SR= 80% )
Harga jual lobster konsumsi Rp. 100.000,-/kg
Biaya investasi dengan bunga 20% per tahun
Ukuran kolam dari terpal 3 x 3 x 0,5 m sebanyak 6 buah
Benih yang dibutuhkan 300 ekor/kolam
waduh, salah nulis posting nie,...
BalasHapusliatin blogq ja di
ariana unirow
hehehe aq bingung bang tak jajali kabeh
BalasHapus