Rabu, 16 Juni 2010

perikanan Unirow Tuban

perikanan unirow tuban adalah slh satu jurusan di UNIROW Tuban

4 komentar:

  1. 1. Target Pasar
    Permintaan pasar lobster air tawar di dalam negeri bisa dikatakan cukup tinggi. Hal ini disebabkan belum banyak yang mengetahui keberadaan lobster air tawar. Lobster air tawar sangat disukai oleh masyarakat baik didalam maupun luar negeri.
    Konsumsi terakhir Lobster ini adalah
    - Sebagai udang konsumsi : Rumah makan, restoran, Hotel dll
    - Sebagai udang hias : pasar ikan, pedagang ikan hias, hobiis dll

    2. Strategi Pemasaran
    Penjualan dilakukan dengan promosi tertulis dan visual. Promosi ini difokuskan pada target pasar yang ada. Setelah suatu target pasar tercapai maka dilanjutkan dengan target pasar berikutnya. Strategi penjualan ini diupayakan menghasilkan kerjasama yang besar dan jangka panjang dengan perusahaan penampung lobster kelas besar. Berdasarkan konsep ini, diharapkan berapapun produksi lobster yang dihasilkan sudah ada kejelasan pihak yang akan membeli lobster tersebut.

    3. Konsep Pemasaran
    a. Produk berkualitas
    b. Harga bersaing
    c. Tempat yang mudah dijangkau
    d. Publikasi dan pemasaran yang bertahap
    e. Pelayanan yang bersahabat dan profesional
    f. Informasi yang jelas kepada konsumen







    BAB III
    ASPEK TEKNIS


    1 Bahan yang digunakan ( input )
    Meliputi bahan baku alami yaitu benih lobter air tawar yang masih kecil ukuran 7,5 – 8,5 cm, bahan baku olahan seperti pakan lobster dan bahan penunjang lainnya sperti obat – obatan dll
    2. Produk yang dihasilkan ( out put ) : lobster Cherax quadricarinatus
    3. Rencana Produksi
    Kapasitas produksi sebesar 600 kg dalam 1( satu ) tahun
    4. Lokasi
    Di desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan
    5. Peralatan dan mesin
    Peralatan meliputi : bak kolam, paralon, terpal dll
    Mesin meliputi : pompa, aerator
    6. Jadwal Pembangunan
    Realisasi pembangunan fisik diperkirakan selama 3 bulan terhitung mulai Agustus – Oktober 2009.


















    BAB IV
    ASPEK SOSIAL

    Aspek sosial yang diharapkan dari perealisasian Proposal Studi Kelayakan Bisnis Pendirian Usaha Budidaya LAT ( Lobster Air Tawar ) ini adalah sebagai berikut:
    1. Bagi Pemilik
    - Ada tambahan dana segar untuk segera merealisasikan rencana usaha budidaya lobster air tawar ini.
    - Tercapainya cita-cita untuk mendirikan sebuah usaha yang mandiri dan tangguh ditengah – tengah keadaan perekonomian seperti ini
    - Menambah pendapatan per kapita yang nantinya juga akan menambah pendapatan nasional

    2. Bagi Masyarakat
    - Menambah variasi pola konsumsi masyarakat konsumen.
    - Menjadi motivasi untuk mendirikan usaha yang sejenis, dimana nantinya diharapkan semakin banyak bermunculan wirausahawan tangguh dan ulet.
    - Menjadikan usaha Budidaya LAT ini komoditi unggulan daerah.
    - Perekrutan karyawan baru yang nantinya diharapkan akan membantu mengurangi jumlah angka pengangguran
    3. Bagi Pemerintah
    - Mencoba menciptakan para wirausahawan baru yang handal, sehingga nantinya akan tercipta lapangan pekerjaan baru secara otomatis.
    - Mengurangi jumlah angka pengangguran di Indonesia yang setiap tahun akan selalu bertambah.








    BAB V
    ASPEK KELAYAKAN USAHA


    1. Asumsi Usaha
    Beberapa asumsi yang digunakan dalam menghitung biaya dan pendapatan dalam usaha pembesaran lobster air tawar
    Lama budidaya sekitar 1 (satu) tahun dengan panen 2 (dua) kali
    Harga beli benih lobster rp. 2.500,-
    Tingkat kematian 20% ( SR= 80% )
    Harga jual lobster konsumsi Rp. 100.000,-/kg
    Biaya investasi dengan bunga 20% per tahun
    Ukuran kolam dari terpal 3 x 3 x 0,5 m sebanyak 6 buah
    Benih yang dibutuhkan 300 ekor/kolam

    BalasHapus
  2. waduh, salah nulis posting nie,...
    liatin blogq ja di
    ariana unirow

    BalasHapus

silahkan tinggalkan komentar anda sebelum anda meninggalkan blog ini. ^_^