Senin, 19 Juli 2010

Budidaya Ikan Gurame

Ikan gurame

Ikan gurame atau gurami dengan nama latin Osphronemus goramy adalah ikan yang memiliki pertumbuhan agak lebih lambat, ikan gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang cukup populer dikalangan para petani ikan kepopulerannya ini karena ikan air tawar yang satu cukup diminati sebagai ikan untuk konsumsi.
Ikan gurame mempunyai bentuk badan yang lebar dan pipih, dan panjang tubuh yang bisa mencapai dua kali lipat tinggi tubuhnya.
Pada umumnya masyarakat mengenal ikan gurame berdasarkan bentuknya yaitu :

  1. Gurame Angsa ( saong ) : dari ukuran badanya relatif panjang, sisiknya relatif lebih lebar, dan ukuran beratnya bisa mencapai 8kg
  2. Gurame Jepang : bentuk badan gurame ini relatif pendek dan sisik lebih kecil. ukuran beratnya bisa mencapau 4,5kg.


Dan dilihat dari fisiknya untuk membedakan janta dan betina dapat dilihat melalui dasar sirip dada yang gelap agak kehitaman, dengan keputihan pada dagu atau sedikit coklat dari ciri ini dapat diketahui bahwa gurame ini berjenis kelamin betina, sedangkan untuk jantan mempunyai sirip dada berwarna terang atau keputihan dan mempunyai dagu yang berwarna terang.


Ikan Gurame mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi sehingga dengan ketekunan dan kemauan dan sedikit kemampuan ikan gurame bisa mendatangkan income untuk kita. Gurame sebagai ikan air tawar banyak diminati untuk konsumsi, karena dagingnya yang khas dan memiliki rasa yang enak. Dengan begitu menjadikan ikan gurame merupakan ikan air tawar yang menjajikan untuk di budidayakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda sebelum anda meninggalkan blog ini. ^_^